Minggu, 14 November 2010

Sebastian Vettel Juara Dunia Termuda F1 2010

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Sebastian Vettel menjadi juara dunia termuda Formula 1 dengan memenangi seri pamungkas di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Ahad (14/11). Sementara saingan utama pembalap Ferarri Fernando Alonso dan Mark Webber hanya finis di posisi ketujuh dan kedelapan.

Balapan ini menjadi memori indah bagi Vettel. Pasalnya, selain melengkapi gelar juara tim Red Bull yang sebelumnya meraih juara konstruktor, Pebalap asal Jerman itu menjadi juara dunia termuda yakni 23 tahun, 134 hari, menggantikan Lewis Hamilton menjadi juara saat berusia 23 tahun 301 hari.

Memulai balapan di posisi terdepan, Vettel langsung melesat di lap pertama disusul pembalap McLaren Lewis Hamilton, Jenson Button menyodok Alonso dari posisi keempat untuk menempati posisi ketiga di lap pertama.

Pebalap Jerman itu tampil begitu sempurna yang sejak start melejit ke depan. Meski safety car masuk sejak awal lap akibat kecelakaan dialami pebalap Schumacher (Mercedes) dan Liuzzi (India Force) dan dilepas lagi lap 3, Vettel masih bisa mempertahankan posisi terdepan. Vettel yang memiliki kenangan indah di Abu Dhabi saat ia keluar menjadi juara, terus memimpin balapan.

Sementara favorit juara Alonso yang hanya memerlukan posisi empat besar untuk mengamankan gelar ketiganya, harus turun ke urutan 11 di lap pertama. Meski terus berjuang memperkecil ketinggalan, Alonso hanya mampu finis di urutan ketujuh. Begitupun dengan rekan satu tim Mark Webber. Webber yang sempat tergelincir dan mengharuskannya masuk pit stop lebih awal harus mundur di belakang Alonso.

GP Abu Dhabi akan jadi saksi lahirnya juara Dunia baru dan termuda musim ini. Sebastian Vetel berhasil menyingkirkan tiga pembalap yakni Alonso, Webber, Vettel dan Halmiton untuk merebut tahta Juara Dunia tersebut. Ini pertama kali dalam sejarah, empat pebalap bersaing untuk meraih gelar juara pada lomba terakhir.

Dari daftar klasemen terakhir, Sebastian Vettel berada diurutan pertama dengan total point 256, Alonso harus puas berada diposisi kedua dengan total poin 252, Webber diposisi ketiga dengan total point 242, dan Hamilton diposisi keempat dengan total 240. Oleh karena itu, Kemenangan ini menjadi memori tak terlupakan bagi Sebastian Vettel.

Di lap ke 24, Vettel mendapat perlawanan dari pebalap McLaren Jenson Button. Sempat terjadi kejar-kejaran, juara dunia tahun 2009 berhasil menyodok ke depan. Namun Vettel berhasil merebut posisi terdepan dari Jenson Button di lap ke 40.

Vettel yag sukses meraih pole position GP Abu Dhabi mengaku kunci kemenangannya adalah tampil lepas. Kendati start terdepan, Vettel menyatakan ingin tampil lepas dan menghilangkan pikiran gelar juara Dunia.

"Saya senang bisa juara di sini. Saya tidak bisa berbicara apa pun. Saya hanya memaksimalkan penampilan. Kita lihat apa yang terjadi tadi, persaingan lebih ketat di sini. Namun saya senang bisa juara," tutur Vettel sambil menangis.(MI/*)

0 komentar:

Posting Komentar